BLC TELKOM || KPLI KLATEN

Sabtu, 23 Januari 2016

TCP/IP

Tidak ada komentar :
go back again .

kali ini tentang pejelasan TCP/IP.
TCP/IP (transmission control protokol/internet protokol) yaitu sekelompok protokol yang mengatur komunikasi data yang saling tukar menukar data dari komputer satu ke komputer lain di dalam jaringan yang akan memastikan data tersebut sampai ke tujuan.


protokol utama dalam TCP/IP adalah sebagai berikut.
1. protokol lapisan aplikasi, bertanggung jawab untuk menyediakan akses kepada aplikasi terhadap layanan jaringan TCP/IP. protokol ini mencangkup , DHCP, DNS, HTTP, FTP, SMTP,
2. Protokol lapisan antar-host
3. protokol lapisan internetwork
4. protokol lapisan antarmuka jaringan

Pengalamatan
TCP/IP, mempunyai 2 skema pengalamatan yang dapat di gunakan untuk mengidentifikasi sebuah komputer dalam sebuah jaringan dalam internetwork.

  • pengalamatan IP
  • Fully qualified domain name (FQDN)
Konsep dasar
- Pengiriman berkas (file transfer).
- remote login
- computer mail
- network file system (NFS)
- Remote execution
- Name server


TCP/IP sendiri
protokol TCP/IP sendiri di kembangkan pada akhir dekade 1970 hingga awal 1980 dibentuk sebagai sebuah protokol standar untuk menghubungkan komputer-komputerdan jaringan untuk membentuk sebuah jaringan yang luas (WAN). Protokol ini selalu berevolusi seiring berjalanya waktu karena mengingat semakin banyaknya kebutuhan terhadap jaringan komputer dan jaringan. perkembangan ini di lakukan oleh beberapa badan seperti ISOC, IAB, Dan IETF.

TCP mempunyai beberapa layer
1. IP, yang berperan dalam pentransmisian paket data dari node ke node.
2. TCP, berperan dalam memperbaiki data yang benar dai satu client ke server. TCP dapat mendeteksi error atau data yang hilang  lalu kemudian melakukan tranmisi ulang sampai data di terima dengan benar dan lengkap.
3. SOCKETS, merupakan nama yang di berikan kepada subrutin paket yang menyediakan akses ke TCP/IP pada kebanyakan system.


sedikit tentang TCP/IP :)

Tidak ada komentar :

Popular Posts