BLC TELKOM || KPLI KLATEN

Jumat, 22 Januari 2016

BIOS

Tidak ada komentar :
APA itu BIOS ?
gambar tampilan BIOS


 bios adalah singkatan dari Basic Input Output System ,
dalam sistem komputer IBM PC atau kompatibelnya (komputer yang berbasis keluarga prosesor Intel x86) merujuk kepada kumpulan rutin perangkat lunak yang mampu melakukan hal-hal berikut:

  1. Inisialisasi (penyalaan) serta pengujian terhadap perangkat keras (dalam proses yang disebut dengan Power On Self Test, POST)
  2. Memuat dan menjalankan sistem operasi
  3. Mengatur beberapa konfigurasi dasar dalam komputer (tanggal, waktu, konfigurasi media penyimpanan, konfigurasi proses booting, kinerja, serta kestabilan komputer)
  4. Membantu sistem operasi dan aplikasi dalam proses pengaturan perangkat keras dengan menggunakan Bios Runtime services
Komponen yang terdapat pada Bios
1. Program Bios Setup 
2. Driver 
3. program bootstrapper utama

Bios juga sering di sebut dengan ROM BIOS, karena pada awalnya bios di simpan pada memori hanya baca (ROM). kenapa bios di simpan pada ROM , karena agar dapat di eksekusi pada saat menghidupkan komputer.
meskipun bios di simpan pada memori hanya baca namun konfigurasi bios tidak di simpan pada ROM melainkan pada sebuah chip terpisah yaitu, Real-time clock (RTC), yang berupa NVRAM. NVRAM ( non-volatile random accses memory) karena menggunakan CMOS.
 NVRAM membutuhkan daya yang sangat kecil agar dapat bekerja. meskipun di sebut dengan non-volatile, NVRAM sebenarnya merupakan sebuah chip yang volatile, sehingga data yang tersimpan di dalamnya dapat terhapus dengan mudah jika daya listrik yang menghidupinya terputus. Oleh karena itu, NVRAM "dihidupi" oleh sebuah baterai (mirip baterai kalkulator atau jam) dengan bahan Litium dengan seri CR-2032.
 Sebuah baterai Litium CR-2032 dapat menghidupi NVRAM selama tiga hingga lima tahun. Jika daya dalam baterai habis, atau daya yang disuplainya terputus (akibat dicabut dari slotnya), maka semua konfigurasi akan dikembalikan ke kondisi standar, sesuai ketika BIOS tersebut diprogram oleh pabrikan. BIOS umumnya memberikan laporan CMOS Checksum Error atau NVRAM Checksum Error.


https://id.wikipedia.org/wiki/BIOS 
thanks , lebh tahu dari sebelumnya :)

Tidak ada komentar :

Popular Posts