BLC TELKOM || KPLI KLATEN

Kamis, 28 Januari 2016

Membuat VM (Virtual Machine)/ Mesin Virtual

Tidak ada komentar :
 kali ini saya akan membagikan sedikit praktikum saya . tentang membuat VM . 

sebelumnya apa to, VM itu?
   VM singkatan dari virtual machine VM ini berfungsi sebagai alat untuk menjalankan SO (sistem operasi) . sebuah duplikat yang efisien dan terisolasi dari suatu mesin asli seperti yang diungkapkan oleh Gerard J. Popek dan Robert P. Goldberg pada tahun 1974. Dewasanya Virtual Machine merupakan software yang digunakan untuk mensimulasikan lingkungan kerja suatu perangkat komputer secara virtual.

Di dalam Virtual machine kita akan mengenal dua istilah,  yaitu Host OS dan Guest Os. 
 Host OS adalah sistem operasi dimana virtual machine diinstall sedangkan, Guest OS adalah sistem operasi yang diinstall pada virtual machine. 
Dengan virtual machine kita bisa menginstall banyak OS didalam OS bawaan Laptop / komputer . Virtual machine biasa kita manfaatkan untuk uji coba OS sehingga tanpa takut terjadi kesalahan yang menyebabkan kerusakan hardware selain itu juga untuk memanage banyak akun - akun penting yang mengharuskan mempunyai lebih dari 1 pc, karena setiap OS yang diinstall pada virtual machine memiliki MAC Addres yang berbeda.

di atas adalah sedikit tentang pengenalan VM. sekarang langsung kita membuat VM pada proxmox server yang telah kita buat.

1. sebelumnya kita harus sudah mengupload SO yang akan kita buat VM, kita harus sudah membuat VLAN id. karena VLAN id kita sebelumnya akan kita gunakan untuk membuat VM kali ini.

2. kita buka proxmox server kita. 
  contoh : https://192.168.171.2:8006 . alamat itu kita sesuaikan dengan ip proxomx kalian masing-masing. setelah masuk maka akan login.


3. setelah login kita pilih menu creat VM pada kolom kanan atas.


4.  pada node kita isi sesuai dengan pilihan. saya isikan "proxmox"
     pada VM ID, kita isikan VM ID Yang telah kita buat sebelumnya
     pada Name, kita isi terserah , saya isikan "novidwi"
lalu klik NEXT.



5. Kemudian akan muncul pilihan untuk memilih ISO . saya pilih                         " linux 4.X/3.X/2.6 kernel (126)" . lalu klik NEXT.




6.kemudian kita isi pada ISO image , isikan SO yang telah kita upload . lalu klik NEXT.



7. Kemudian pada Disk size (GB), kita isi sesuai dengan yang di butuhkan. saya  32, lalu NEXT.



8. disini kita klik NEXT.



 9. kemudian kita beri kapsitas Memory kita, saya beri 512 MB.
     lalu klik NEXT.
10. Setelah itu, kita ke menu network kita di minta untuk memasukan VLAN tag, pada VLAN tag ini kita isikan VLAN ID yang telah kita buat sebelumnya. lalu klik NEXT.



11.  sebelum kita klik pada finish, kita pastikan terlebih dahulu apakah sudah benar dan tidak ada yang terlewatkan lagi. setelah selesai semuanya, maka kita tinggal klik FINISH.

12.  Nahh, setelah klik finish tadi, maka apabila berhasil akan muncul seperti di bawah ini.



sekian tutorial membuat VM dari saya, semoga bermanfaat :)

Tidak ada komentar :

Popular Posts