BLC TELKOM || KPLI KLATEN

Selasa, 12 Januari 2016

INSTALL LINUX MINT 17.3 PADA ASUS

Tidak ada komentar :
INSTALLASI LINUX MINT 17.3

ok, sobat hari ini post kedua aku, insyaallah post kali ini aku akan menapilkan sebuah materi tentang installasi LINUX MINT MATE 17.3.

nahh,, sebelum kita memulai installasi kita terangkan terlebih dahulu tentang apa sih linux mint itu?

Linux Mint adalah sistem operasi Linux yang merupakan suatu distribusi Linux dengan basis Debian dan Ubuntu,[4] dengan Linux Mint Debian Edition (LMDE) sebagai suatu alternatif yang sepenuhnya berbasis Debian. Aplikasi yang dapat berjalan di Ubuntu, juga bisa berjalan pada LinuxMint. Walaupun inti dari LinuxMint adalah Ubuntu, LinuxMint hadir dengan tampilan yang berbeda dengan Ubuntu.

hal pertama yang di lakukan adalah pastinya kalian harus sudah mengatur bios terlebih dahulu, kemudian mempartisi hardisk (membagi ruang penyimpanan) pada GParted. yaitu,
berupa ruang untuk SWAP, Ruang untuk  FILE SYSTEM,dan ruang untuk ROOT. 

setelah penyetingan partisi telah selesai maka kita masuk pada langkah awal installasi linux mint . di langkah ini kita akan masuk tampilan seperti di bawah ini.


setelah itu, tunggu sampai beberapa saat, dan akan muncul tampilan berikutnya .

pilih *Start Linux MInt* Enter.
pada step selanjutnya adalah masuk pada  tampilan dekstop LInux Mint, kemudian kita harus menginstall kembali , karena belum terinstall di dalam hardisknya. pilih Icon Install Linux Mint klik dua kali.

maka setelah di klik dua kali akan muncul tampilan seperti berikut ini, di sini kita di minta untuk memilih bahasa . pilih bahasa English lalu Continue.

pada step ini, kita memasuki tampilan awal untuk mulai penginstallan pada harddisk. apabila kita terkoneksi dengan internet maka akan mempengaruhi secara otomatis dalam proses installasi. pilih Continue.
setelah menekan Continue, maka akan terdapat pilihan seperti dibawah ini,
pilihan untuk erase disk and install LInux Mint ini di gunakan untuk menghapus seluruh partisi, Sistem Operasi, dan Data yang ada pada harddisk.kemudian pilihan untuk someting else di gunakan untuk pembuatan partisi secara manual dan dapat menentukan sendiri di mana tempat pemartisian kita.

pada tampilan ini pilih *Someting Else* kenapa kita memilih pengaturan itu, karena sudah di jelaskan di atas bahwa someting else di gunakan pengaturan harddisk secara manual.
.


di dalam ubuntu, linux mint, dll. tidak sama dengan windows , jika pada windows partisi itu lebih di sebut dengan local disk :D, local disk :C, dan seterusnya, namun pada linux mint, ubuntu dll partisi lebih di sebut dengan /dev/sda, sebagai hardisk yang terbaca, sedangkan untuk harddisk yang terpasang adalah /dev/sdb, dan seterusnya .dan apabila pada harddisk terdapat partisi di dalamnya maka harddisk itu di sebut dengan /dev/sda1,/dev/sda2 dan seterusnya.

setelah ini, kita masuk untuk melakukan pengaturan partisi, jika partisi masih kosong maka kita harus membuat partis dengan memilih *New Partition Table..*
kemudian akan muncul kotak Dialog maka kita pilih Continue untuk melanjutkan partisi atau go back untuk membatalkan dan kembali ke sebelumnya.


lalu setelah memilih Continue, maka akan muncul tampilan seperti di bawah ini.
di sini 
 pada sesi ini, kita akan mulai membuat partisi baru untuk swap, dan root. sebenarnya pada linux mint ini kita dapat langsung memilih install now untuk partisi secara otomatis. namun, data dan file kita nantinya akan tersimpan pada Root. sedangkan kita harus memisahkan antara partisi data, dan partisi boot maka pembuatan partisi kita lakukan secara manual.
kita pilih icon (+) lalu akan muncul tampilan seperti berikut ini.
kita tentuka sendiri partisi swap yang kita inginkan. sesuai dengan kebutuhan dan kapasitas hardisk kita. contoh seperti pada gambar di atas. lalu pilih ok.
dan hasilnya akan seperti berikut.
lalu kita klik (+) lagi. untuk membuat partisi Root.
dan kita juga mengatur partisinya sendiri. lihat contoh pada gambar di atas. jngan lupa pada Mout point pilih "/" karena kita membuat partisi untuk Root. klik ok. dan hasilnya akan seperti pada gambar di bawah ini.
setelah itu, pilih install now. setelah kita klik install now, kita di minta untuk menentukan Daerah Waktu. contoh indonesia Time (Jakarta). seperti pada gambar di bawah ini.

kemudian pilih Continue. setelah itu, pilih Bahasa.

pilih Continue. kemudian kita akan masuk pada kolom untuk mengisi name user dan password.
klik Continue lagi.
setelah di klik Continue, maka kita di minta untuk memasukan user name dan password. contoh user name = novie , password = sabar.
 pada opsion kita pilih " require my password to log in" kemudian pilih Continue.
setelah kita klik continue , maka akan mucul tamppilan proses installasi.
pada proses ini, tergantung pada pc masing2, namun tidak terlalu lama juga, kemudian setelah installasi selesai, maka akan muncul tampilan berikutnaya.
 kita di minta untuk merestart terlebih dahulu sebelum menggunakan linux mint.
tumggu proses restart sampai selesai sampai muncul tampilan berikut.
ini adalah tampilan awal dari linux mint yang telah selesai di install.
kemudian tampilan dektop pada linux mint adalah sebagai berikut.

dan akhirnya linux mint telah selesai di install, dan dapat dapat di gunakan.

selamat mencoba semoga langkah-langkah saya ini benar dan dapt membantu. amiin. :)

sumber gambar
http://blog.cyberpassnet.tk/2015/09/langkah-langkah-menginstal-linux.html

hemz ayo lihat sedikit materi yang telah di post teman2 saya kunjungi link di bawah ini,
http://asnuldwi.blogspot.com 
http://mustofarobi.blogspot.com
 http://sheha339.blogspot.com 

Tidak ada komentar :

Popular Posts