BLC TELKOM || KPLI KLATEN

Sabtu, 05 Maret 2016

Cara kerja DNS server

Tidak ada komentar :
Hari ini kegiatan yang di lakukan oleh kami kelompok1 adalah mengulang installasi Debian 8.2 sebagai Router Dan mempelajari tentang pengertian DNS, Fungsi DNS , dan Cara kerja DNS Server.
berikut adalah cara kerja DNS Server menurut hasil diskusi kami :
bisa di lihat pada gambar :

di lihat dari gambar di atas, bahwa prinsip atau cara kerja DNS server bisa di terangkan dengan sebagai berikut ,

1. PC Client (1) >> meminta (merequest) sebuah alamat IP web ke DNS server kemudian DNS server akan mencari apakah Alamat IP yang di minta oleh client terdaftar di database dan cachenya.
2. apabila Alamat IP yang di minta ada dan terdaftar maka DNS akan memberi tahukan kepada Client (2) dengan memberikan alamat IP web yang diminta oleh Client.
3. lalu setelah Client menerima pemberitahuan dari DNS Server apabila alamat IP yang ia tuju terdaftar dan ada, maka Client akan langsung meneruskannya ke web Browser dan web browser akan mengakses alamat yang di Tuju oleh IP web yang di Request oleh client tadi.



Dan jika sudah tahu bagaimana cara kerja dari DNS server, maka akan ada pertanyaan baru , yaitu siapakah yang menjadi penanggung jawab dari pemersatu DNS-DNS sehingga dapat saling terhubung ?
sebelumnya ini adalah pemetaannya :


jadi, yang menjadi penanggung jawab dari setiap penyatuan atau penghubung antar DNS adalah, (.)/root , dan jika ada (.com) maka domain (.com) hanya bertanggung jawab atas dns-dns yang berada di bawahnya. dan domain (.com) ini tidak memiliki tanggung jawab atas domain(.id) apabila ada domain "kelompok1-.id" maka (.com) akan meminta
menghubungi yang di atasnya yaitu (.) root , jika di ijinkan, maka akan di teruskan ke alamat domain (.id).



jadi, apabila kita mencari sebuah alamat IP web, dan tidak terdaftar ke DNS local, maka DNS local akan meneruskannya ke DNS server  dan apabila belum ada atau belum terdaftar, maka proses seperti itu, akan terus berlangsung hingga alamat IP web yang tuju di temukan.

 Fungsi DNS server
> menerjemahkan alamat IP ke nama domain
> mempermudah kita , karena tidak perlu lagi menghafalkan alamat ip, cukup menuliskan nama Domainnya saja,
> bersifat konsisten.



mungkin hanya sedikit pengetahuan tentang cara kerja sebuah DNS (domain name sistem) oleh kami, kurang lebihnya apabila banyak kekurangan kami mohoon maaf, sekian semoga bermanfaat :)


Tidak ada komentar :

Popular Posts